SMA UTAMA WACANA METRO

Jl.Kenanga 01 Mulyojati 16c Kecamatan Metro Barat Kota Metro (0725)42313


Selasa, 16 Februari 2010

PRINSIP ETIKA

1. Keindahan (beauty) 
2. Kebersamaan (Equality) 
3. Kebaikan (Goodness) 
4. Keadilan (justice) 
5. Kebebasan (liberty) 
6. Kebenaran
Diposting oleh Mugi Siswanto di Selasa, Februari 16, 2010 Tidak ada komentar:
Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Bagikan ke XBerbagi ke FacebookBagikan ke Pinterest

JINGLE SeMUT DAN TERIMA KASIH GURUKU


Diposting oleh Mugi Siswanto di Selasa, Februari 16, 2010 Tidak ada komentar:
Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Bagikan ke XBerbagi ke FacebookBagikan ke Pinterest
Label: Lirik Lagu
Postingan Lebih Baru Postingan Lama Beranda
Langganan: Postingan (Atom)

Wellcome to SMA UTAMA WACANA

Wellcome to SMA UTAMA WACANA
Gedung baru

Lokasi SMA UTAMA WACANA METRO

Lokasi SMA UTAMA WACANA METRO
Denah

SMA UTAMA WACANA METRO's Fan Box

SMA UTAMA WACANA METRO on Facebook

Prestasi Rangking umum

Prestasi Rangking umum
Peringkat Umum kelas XI IPA

Pelantikan Ketua OSIS Masa Bhakti 2010-2011

Pelantikan Ketua OSIS Masa Bhakti 2010-2011
Dwi Putri

Pengikut

Arsip Blog

  • ►  2011 (13)
    • ►  Desember (12)
      • ►  Des 13 (10)
      • ►  Des 06 (2)
    • ►  Januari (1)
      • ►  Jan 03 (1)
  • ▼  2010 (7)
    • ►  Desember (1)
      • ►  Des 21 (1)
    • ►  November (1)
      • ►  Nov 27 (1)
    • ▼  Februari (5)
      • ▼  Feb 16 (2)
        • PRINSIP ETIKA
        • JINGLE SeMUT DAN TERIMA KASIH GURUKU
      • ►  Feb 14 (2)
      • ►  Feb 11 (1)

Mengenai Saya

Foto saya
Mugi Siswanto
Metro, Lampung, Indonesia
Saya adalah guru SMA Utama Wacana Metro, saya mulai mengajar sejak tahun 1998 sampai sekarang. Saya mengajar mata pelajaran ekonomi
Lihat profil lengkapku

SKL UN SMA 2011

14. BAHASA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS/KEAGAMAAN)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

INDIKATOR

1.

Membaca

Memahami secara kritis berbagai jenis wacana tulis teks nonsastra berbentuk grafik, tabel, artikel, tajuk rencana, laporan, karya ilmiah, teks pidato, berbagai jenis paragraf (naratif, deskripsif, argumentatif, persuasif, dan eksposisi), serta teks sastra berbentuk puisi, hikayat, cerpen, drama, novel, biografi, karya sastra berbagai angkatan, dan sastra Melayu Klasik.

Menentukan unsur-unsur paragraf suatu artikel.

Menentukan isi paragraf biografi.

Menentukan isi paragraf, simpulan paragraf, dan arti istilah/kata dalam paragraf.

Menentukan opini dalam tajuk rencana.

Menentukan isi dan simpulan grafik, diagram, atau tabel.

Menentukan unsur intrinsik dan isi hikayat sastra Melayu Klasik.

Menentukan unsur intrinsik cerpen/novel.

Menentukan masalah dan amanat dalam drama.

Menentukan maksud gurindam.

Menentukan unsur intrinsik puisi.

Menentukan isi kutipan esai.

2.

Menulis

Menulis, menyunting dan menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi, argumentatif, teks pidato, artikel/esai, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, dan bebagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, drama, novel, kritik, dan esai dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan penggunaan bahasa

Melengkapi paragraf dengan kata penghubung.

Menentukan kata serapan untuk melengkapi paragraf.

Melengkapi paragraf dengan kata baku.

Melengkapi paragraf dengan kata berimbuhan.

Melengkapi paragraf dengan kalimat deskripsi.

Melengkapi paragraf deskripsi dengan frasa.

Melengkapi paragaf analogi dengan simpulan.

Menentukan simpulan generalisasi.

Melengkapi paragraf sebab-akibat.

Melengkapi silogisme dengan kalimat yang tepat.

Melengkapi paragraf narasi.

Menyusun paragraf padu.

Melengkapi teks pidato dengan kalimat persuasif.

Menentukan kalimat dalam latar belakang karya tulis.

Memperbaiki struktur kalimat yang salah.

Menentukan kalimat yang tepat dalam karya tulis.

Menentukan penulisan judul karya tulis yang tepat.

Menentukan kalimat yang sesuai dengan konteks surat (isi dan bagian/struktur) dan penulisan surat lamaran pekerjaan.

Menentukan kalimat resensi dan alasannya.

Melengkapi puisi dengan larik yang bermajas.

Melengkapi dialog teks drama.

Menentukan kalimat kritik sastra.

Menyusun kalimat dalam surat resmi (surat undangan).

Melengkapi paragraf dengan peribahasa.

Melengkapi paragraf esai sastra.


16. BAHASA INGGRIS SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS/BAHASA/KEAGAMAAN)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

INDIKATOR

1.

Mendengarkan

Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal dalam bentuk teks fungsional pendek, recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, explanation, discussion, dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat dari percakapan lisan interpersonal/transaksional yang diperdengarkan.

Merespon /melengkapi dengan ungkapan rasa tak percaya/puas/tidak puas/menyatakan/meminta pendapat/berjanji/ungkapan harapan dari percakapan lisan interpersonal/transaksional yang diperdengarkan.

Menentukan gambar yang sesuai dengan percakapan dari percakapan lisan interpersonal/transaksional yang diperdengarkan.

Menentukan gambar yang sesuai dengan teks dari teks monolog yang diperdengarkan.

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat dari teks monolog yang diperdengarkan.

2.

Membaca

Memahami makna dalam wacana tertulis secara formal maupun informal dalam bentuk teks fungsional pendek, recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, explanation, discussion, dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menentukan gambaran umum/rujukan kata/ makna kata dalam teks dari sebuah teks fungsional pendek berupa message yang disajikan .

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat dalam sebuah teks dari teks fungsional pendek berupa announcement yang disajikan.

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/makna kata dalam sebuah teks dari teks fungsional pendek berbentuk advertisement/brochure yang disajikan.

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu, informasi rinci tersurat/makna kata/frasa dari sebuah teks berbentuk news item yang disajikan.

Menentukan informasi tertentu/pikiran utama paragraf/informasi tersirat/makna kata/frasa dari dalam teks berbentuk recount yang disajikan.

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/tujuan komunikatif/makna kata/frasa dari sebuah teks berbentuk explanation yang disajikan.

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/pikiran utama paragraf/informasi rinci tersurat/tersirat/makna kata/frasa dari dalam teks berbentuk analytical hortatory/ exposition yang disajikan.

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/makna kata/frasa dari sebuah teks berbentuk discussion yang disajikan.

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/makna kata/frasa dari sebuah teks berbentuk review yang disajikan.


22. MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

INDIKATOR

1.

Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkarannya, menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk serta menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah.

Menentukan pernyataan yang diperoleh dari penarikan kesimpulan dari dua premis yang diberikan.

2.

Memahami masalah yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, persamaan lingkaran dan persamaan garis singgungnya, suku banyak, sistem persamaan linear, program linear, matriks, vektor, transformasi geometri, barisan dan deret, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Menggunakan aturan pangkat dan akar untuk menyederhanakan bentuk aljabar.

Menyelesaikan persamaan logaritma.

Menggunakan diskriminan untuk menyelesaikan masalah persamaan atau fungsi kuadrat.

Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat untuk menentukan unsur yang belum diketahui dari persamaan kuadrat.

Menentukan persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya berelasi linear dengan akar-akar persamaan kuadrat yang diketahui.

Menentukan persamaan garis singgung lingkaran.

Menentukan komposisi dua fungsi atau fungsi invers.

Menggunakan aturan teorema sisa atau teorema faktor.

Menyelesaikan masalah sistem persamaan linear.

Menyelesaikan masalah program linear.

Menyelesaikan operasi matriks.

Menentukan sudut antara dua vektor.

Menentukan panjang proyeksi atau vektor proyeksi.

Menentukan bayangan titik atau garis karena dua transformasi.

Menentukan fungsi invers dari fungsi eksponen atau logaritma.

Menentukan suku ke-n dari deret aritmetika.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan deret aritmetika atau geometri.

3.

Memahami sifat dan atau geometri dalam menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang, jarak dan sudut.

Menghitung jarak dan sudut antara dua objek (titik, garis dan bidang) di ruang.

4.

Memahami konsep perbandingan fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri, melakukan manipulasi aljabar untuk menyusun bukti serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Menggunakan aturan sinus atau kosinus untuk menghitung unsur pada segi banyak.

Menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan aturan sinus dan kosinus.

Menyelesaikan himpunan penyelesaian persamaan trigonometri.

Menghitung nilai perbandingan trigonometri dengan menggunakan rumus jumlah dan selisih dua sudut serta jumlah dan selisih sinus, kosinus dan tangen.

5.

Memahami konsep limit, turunan dan integral dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

Menghitung nilai limit fungsi aljabar dan fungsi trigonometri.

Menentukan penyelesaian dari soal aplikasi turunan fungsi.

Menghitung integral tak tentu dan integral tertentu fungsi aljabar dan fungsi trigonometri.

Menghitung luas daerah dan volume benda putar dengan menggunakan integral.

6.

Mengolah, menyajikan dan menafsirkan data, memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kajadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

Menghitung ukuran pemusatan dari suatu data dalam bentuk tabel, diagram, atau grafik.

Menggunakan kaidah pencacahan, permutasi atau kombinasi untuk menyelesaikan masalah yang terkait.

Menghitung peluang suatu kejadian.

23. MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPS/KEAGAMAAN)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

INDIKATOR

1.

Memahami pernyataan dan ingkarannya, menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk, serta menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan penarikan kesimpulan.

Menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan majemuk

Menentukan ingkaran suatu pernyataan majemuk.

Menentukan kesimpulan dari beberapa premis.

2.

Memahami konsep yang berkaitan dengan atura pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, sistem persamaan linear, program linear, matriks, barisan dan deret, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Menyederhanakan hasil operasi bentuk pangkat, akar, dan logaritma.

Menentukan unsur-unsur grafik fungsi kuadrat.

Menentukan persamaan grafik fungsi kuadrat.

Menentukan fungsi invers dari fungsi sederhana.

Menentukan hasil operasi aljabar akar-akar persamaan kuadrat.

Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat.

Menentukan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel.

Menentukan nilai optimum fungsi obyektif dari daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear.

Merancang atau menyelesaikan model matematika dari masalah program linear.

Menyelesaikan masalah matriks yang berkaitan dengan kesamaan, determinan, atau invers matriks.

Menentukan suku ke-n­ atau jumlah n suku pertama deret aritmetika.

Menentukan suku ke-n atau jumlah n suku pertama deret geometri.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmetika.

3.

Memahami limit dan turunan dari fungsi aljabar serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

Menghitung nilai limit fungsi aljabar.

Menentukan turunan fungsi aljabar.

Menentukan aplikasi turunan fungsi aljabar.

4.

Mengolah, menyajikan, menafsirkan data, dan memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kaidah pencacahan, permutasi, atau kombinasi.

Menentukan frekuensi harapan suatu kejadian.

Menentukan peluang suatu kejadian.

Membaca data pada diagram lingkaran atau batang.

Menghitung nilai ukuran pemusatan dari data kelompok dalam bentuk tabel atau diagram.

Menentukan ukuran penyebaran data tunggal.


25. FISIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

INDIKATOR

1.

Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung secara cermat, teliti dan obyektif.

Membaca pengukuran salah satu besaran dengan menggunakan alat ukur tertentu.

Menentukan besaran skalar dan vektor serta menjumlah /mengurangkan besaran-besaran vektor dengan berbagai cara.

2.

Memahami gejala alam dan keberaturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar, kekekalan energi, elastisitas, impuls, dan momentum.

Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak melingkar beraturan, atau gerak parabola.

Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan hubungan besaran-besaran fisis yang terkait dengan gaya gravitasi.

Menentukan letak titik berat dari berbagai benda homogen.

Menganalisis hubungan besaran-besaran yang terkait dengan gerak rotasi.

Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan usaha dan perubahan energi.

Menjelaskan sifat elastisitas benda atau penerapan konsep elastisitas dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik.

Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan impuls, momentum, atau hukum kekekalan momentum.

3.

Memahami prinsip dan konsep konservasi kalor sifat gas ideal, fluida dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika serta penerapannya dalam mesin kalor.

Menjelaskan proses perpindahan kalor atau penerapan azas Black dalam kehidupan sehari-hari.

Mendeskripsikan azas Bernoulli dalam fluida dan penerapannya.

Menentukan variabel-variabel pada persamaan umum gas ideal.

Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi energi kinetik gas.

Menentukan berbagai besaran fisis dalam proses termodinamika pada mesin kalor.

4.

Menerapkan konsep dan prinsip optik dan gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.

Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan pengamatan menggunakan mikroskop atau teropong.

Menjelaskan berbagai jenis gelombang elektromagnet serta manfaatnya atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan besaran-besaran tertentu dari gelombang berjalan.

Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan peristiwa interferensi atau difraksi cahaya.

Membandingkan intensitas atau taraf intensitas dari beberapa sumber bunyi yang identik.

Menentukan besaran-besaran tertentu yang menimbulkan efek Doppler atau menentukan perubahan akibat efek Doppler tersebut.

5.

Menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai masalah dan produk teknologi.

Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan hukum Coulomb atau medan listrik.

Menentukan hasil pengukuran kuat arus dan atau tegangan listrik.

Menggunakan hukum Ohm dan hukum Kirchoff untuk menentukan berbagai besaran listrik dalam rangkaian tertutup.

Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan medan magnet induksi di sekitar kawat berarus.

Menjelaskan timbulnya gaya magnet (gaya Lorentz) atau menentukan besaran-besaran yang mempengaruhinya.

Menjelaskan kaitan besaran-besaran fisis pada peristiwa induksi Faraday.

Menentukan besaran-besaran fisis pada rangkaian arus listrik bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor.

6.

Memahami konsep dan prinsip relativitas, teori atom, dan radioaktivitas serta penerapannya.

Membedakan teori-teori atom.

Menganalisis teori relativitas dan besaran-besaran yang terkait.

Menjelaskan teori kuantum Planck dan kaitannya dengan radiasi benda hitam.

Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom.

Menentukan jenis-jenis zat radioaktif atau mengidentifikasi manfaat radioisotop dalam kehidupan.


26. KIMIA SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

INDIKATOR

1.

Menganalisis struktur atom, sistem periodik unsur dan ikatan kimia untuk menentukan sifat-sifat molekul, unsur dan senyawa.

Menentukan unsur dan kaitannya dengan struktur atom, konfigurasi elektron dan letaknya dalam tabel periodik.

Menganalisis jenis ikatan kimia atau gaya antar molekul.

2.

Menerapkan hukum-hukum dasar kimia untuk memecahkan masalah dalam perhitungan kimia.

Menyelesaikan perhitungan kimia berdasarkan hukum-hukum dasar kimia.

Mendeskripsikan persamaan reaksi kimia anorganik.

3.

Menganalisis sifat-sifat larutan, metode pengukuran dan terapannya.

Menganalisis sifat elektrolit/non elektrolit berdasarkan daya hantar listriknya.

Mendeskripsikan konsep pH larutan.

Menentukan hasil titrasi asam basa.

Mendeskripsikan sifat larutan penyangga.

Mendeskripsikan hidrolisis garam dan Ksp.

Mendeskripsikan sifat-sifat koligatif larutan.

Mendeskripsikan sistem dan sifat koloid serta penerapannya.

4.

Mendeskripsikan senyawa organik, gugus fungsi dan reaksinya, benzena, dan turunannya, dan makromolekul.

Mendeskripsikan senyawa karbon termasuk identifikasi dan kegunaannya.

Mendeskripsikan benzena dan turunannya serta kegunaannya.

Mendeskripsikan makromolekul termasuk identifikasi dan kegunaannya.

5.

Memahami perubahan energi, cara pengukuran dan penerapannya.

Menganalisis proses eksoterm/endoterm pada termokimia.

Menentukan kalor reaksi.

6.

Memahami kinetika reaksi, keseimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.

Menentukan laju reaksi.

Mendeskripsikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi laju reaksi dan kesetimbangan kimia.

Menentukan Kc dan atau Kp.

7.

Memahami reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mendeskripsikan reaksi reduksi-oksidasi.

Mendeskripsikan komponen, notasi, proses, reaksi dan potensial sel elektrokimia.

Mengaplikasikan hukum faraday dalam perhitungan kimia.

Mendeskripsikan fenomena korosi.

8.

Mendeskripsikan unsur-unsur penting yang terdapat di alam, pembuatan dan kegunaannya.

Mendeskripsikan mineral suatu unsur

Mendeskripsikan sifat suatu unsur tertentu.

Mendeskripsikan cara memperoleh unsur dan kegunaannya


27. BIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

INDIKATOR

1.

Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati, prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan.

Mendeskripsikan jenis-jenis keanekaragaman hayati (tingkat gen, sel, jenis, dan ekosistem).

Mendeskripsikan klasifikasi organisme makhluk hidup.

Mendeskripsikan peranan sumber daya alam (hewan/tumbuhan) bagi kehidupan.

2.

Menjelaskan ciri-ciri Virus, kingdom Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi kehidupan.

Mengidentifikasi Virus dan Protista.

Mendeskripsikan peran monera dan fungi bagi kehidupan.

3.

Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta peranannya bagi kehidupan.

Mengidentifikasi daur hidup tumbuhan lumut dan tumbuhan paku.

Mendeskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan berbiji.

Mendeskripsikan daur hidup Invertebrata.

Mengidentifikasi ciri-ciri hewan vertebrata.

4.

Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan keseimbangan lingkungan dan pelestariannya.

Mendeskripsikan komponen ekosistem dan perannya bagi kehidupan di sekitarnya.

Mendeskripsikan proses yang terjadi pada daur biogeokimia.

Mendeskripsikan konsep keseimbangan lingkungan dan pelestariannya.

5.

Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia.

Mendeskripsikan struktur sel dan proses yang terjadi pada sel tersebut.

Mengidentifikasi organel sel tumbuhan/hewan beserta fungsinya.

Mengidentifikasi organ pada tumbuhan beserta fungsinya.

6.

Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi.

Mendeskripsikan sistem gerak otot dan tulang pada manusia.

Mendeskripsikan sistem peredaran darah manusia serta gangguannya.

Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia serta gangguannya.

Mendeskripsikan sistem pernafasan pada manusia serta gangguannya.

Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia serta gangguannya.

Mendeskripsikan sistem regulasi pada manusia dan identifikasi gangguannya.

Mendeskripsikan sistem reproduksi pada manusia dan identifikasi gangguannya.

7.

Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan.

Menentukan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

8.

Menjelaskan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme.

Mendeskripsikan jenis-jenis enzim, cara kerja, dan fungsinya dalam metabolisme tubuh.

Mendeskripsikan proses respirasi sel (proses katabolisme karbohidrat dan pembentukan energi).

Mendeskripsikan peristiwa fotosintesis pada tumbuhan beserta tahap-tahapnya.

Mendeskripsikan proses respirasi anaerob beserta contohnya.

9.

Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi.

Mendeskripsikan susunan nukleotida (DNA, RNA dan kromosom) yang merupakan konsep dasar hereditas.

Menjabarkan tahapan sintesis protein.

Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan mitosis dan meiosis pada tumbuhan dan hewan.

Mendeskripsikan hasil persilangan monohibrida dan dihibrida.

Mendeskripsikan hasil persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel.

Menginterpretasi pola hereditas pada manusia.

Mendeskripsikan peristiwa mutasi beserta contoh-contohnya.

10.

Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains.

Mendeskripsikan prinsip teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.

Mendeskripsikan fakta-fakta yang mendukung teori evolusi.

Menjabarkan fenomena evolusi dan hubungannya dengan kesetimbangan populasi.

11.

Menjelaskan prinsip, peran dan implikasi Bioteknologi pada masyarakat dan lingkungan.

Mengidentifikasi contoh bioteknologi konvensional dan modern.

Mendeskripsikan peran bioteknologi.

Menjelaskan dampak bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan.


28. EKONOMI SMA/MA (PROGRAM IPS)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

INDIKATOR

1.

Memahami permasalahan ekonomi, kelangkaan dan sistem ekonomi, konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen, permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.

Mendeskripsikan kelangkaan dan masalah pokok ekonomi.

Mengidentifikasi peran konsumen atau peran produsen dalam perekonomian Indonesia.

Mengidentifikasi, ciri-ciri, kelemahan, atau kelebihan sistem ekonomi.

Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta menentukan harga keseimbangan dengan tabel, kurva, dan perhitungan matematik.

Mengidentifikasi ciri, fungsi pasar, atau bentuk pasar (pasar barang dan pasar faktor produksi).

2.

Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi, Produk Domestik Bruto (PDB), Pendapatan Nasional (PN), inflasi, konsumsi, uang dan perbankan.

Mendeskripsikan kebijakan fiskal atau kebijakan moneter yang dilakukan pemerintah.

Mendeskripsikan konsep PDB, PDB harga berlaku, PDB harga konstan, dan pendapatan nasional.

Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi serta perhitungannya.

Mengidentifikasi fungsi tabungan dan fungsi konsumsi (dengan grafik, tabel serta perhitungannya).

Mendeskripsikan uang dan bank.

3.

Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi, APBN dan APBD, perekonomian terbuka, serta mengenal pasar modal.

Mendeskripsikan ketenagakerjaan, pembangunan ekonomi, dan pertumbuhan ekonomi serta indikatornya.

Mendeskripsikan konsep, tujuan, dan fungsi APBN atau APBD, dan sumber-sumber pembiayaannya.

Menghitung pajak (PPh atau PBB).

Mendeskripsikan perdagangan internasional, neraca pembayaran atau kebijakan perdagangan internasional.

Mendeskripsikan valuta asing dan pasar modal serta perhitungannya.

4.

Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa.

Mencatat transaksi keuangan ke dalam persamaan akuntansi.

Mencatat transaksi perusahaan jasa dalam jurnal atau buku besar.

Membuat jurnal penyesuaian atau kertas kerja.

Mendeskripsikan laporan keuangan dan perhitungannya (laba/rugi atau perubahan modal).

5.

Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang dan penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang.

Membuat jurnal khusus, buku besar utama atau buku besar pembantu berdasarkan data, transaksi, dan jurnal.

Membuat jurnal penyesuaian atau kertas kerja berdasarkan data, transaksi, dan jurnal.

Mendeskripsikan laporan keuangan dan perhitungannya (laba/rugi atau perubahan modal), serta membuat jurnal penutup.

6.

Memahami manajemen, badan usaha dalam perekonomian nasional, pengelolaan koperasi, dan kewirausahaan.

Mendeskripsikan fungsi, unsur, atau tingkatan manajemen.

Mendeskripsikan bentuk, ciri-ciri, atau perbedaan bentuk badan usaha.

Mendeskripsikan koperasi atau koperasi sekolah.

Mengindentifikasi peran, jiwa, ciri-ciri atau tahapan yang dilalui wirausaha yang berhasil.


29. SOSIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPS)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

INDIKATOR

1.

Mendeskripsikan interaksi sosial sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

Mendeskripsikan terjadinya interaksi sosial.

Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial.

Mendeskripsikan nilai sosial.

Mendeskripsikan norma sosial.

Mengidentifikasi jenis-jenis norma sosial.

2.

Menjelaskan proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.

Mendeskripsikan fungsi/tujuan/bentuk sosialisasi.

Mengidentifikasi media sosialisasi.

Mendeskripsikan fungsi berbagai media sosialisasi.

3.

Mendeskripsikan berbagai perilaku menyimpang dan pengendalian sosial dalam masyarakat.

Mengidentifikasi perilaku menyimpang.

Mendeskripsikan proses terjadinya perilaku menyimpang.

Mengidentifikasi berbagai jenis lembaga pengendalian sosial.

4.

Mendeskripsikan bentuk struktur sosial, konflik sosial, dan mobilitas sosial.

Mendeskripsikan struktur sosial.

Mengidentifikasi bentuk-bentuk struktur sosial.

Mengidentifikasi berbagai jenis konflik sosial.

Mendeskripsikan cara mengatasi konflik sosial.

Mendeskripsikan struktur sosial masyarakat majemuk.

Mendeskripsikan pengaruh struktur sosial terhadap integrasi sosial.

Mendeskripsikan proses terjadinya mobilitas sosial.

Mengidentifikasi bentuk mobilitas sosial.

5.

Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.

Mendeskripsikan terbentuknya berbagai kelompok sosial.

Mendeskripsikan terjadinya kemajemukan sosial dalam masyarakat.

Menjelaskan dampak kemajemukan sosial dalam masyarakat.

Menjelaskan primordialisme dalam masyarakat multikultural.

6.

Menganalisis proses perubahan sosial pada masyarakat dan dampaknya.

Mengidentifikasi jenis-jenis perubahan sosial.

Mendeskripsikan penyebab perubahan sosial.

Menjelaskan dampak dari perubahan sosial.

7.

Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial.

Mendeskripsikan hakikat lembaga sosial.

Mengidentifikasi ciri-ciri lembaga sosial.

Mendeskripsikan fungsi berbagai lembaga sosial dalam masyarakat.

8.

Menganalisis penelitian sosial sederhana.

Mendeskripsikan rancangan penelitian sosial.

Mengidentifikasi jenis-jenis penelitian sosial.

Mengidentifikasikan teknik sampling/pengumpulan data.

Menjelaskan prosedur pengolahan data dalam penelitian sosial.

Menginterpretasikan/menyimpulkan hasil penelitian.

Menjelaskan fungsi laporan.


30. GEOGRAFI SMA/MA (PROGRAM IPS)

NO

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

INDIKATOR

1.

Mendeskripsikan hakikat, objek, ruang lingkup, prinsip, konsep, aspek dan pendekatan geografi.

Menentukan penggunaan prinsip dan konsep dasar geografi dalam rangka pengkajian geosfer di muka bumi.

Menentukan aspek dan pendekatan geografi dalam rangka pengkajian geosfer di muka bumi.

2.

Menganalisis sejarah pembentukan bumi, tata surya, dan jagad raya.

Mengidentifikasi proses dan bukti-bukti pembentukan bumi.

Mendeskripsikan proses pembentukan tata surya.

Menganalisis proses pembentukan jagad raya.

Mengidentifikasi tata surya dan jagad raya.

3.

Menganalisis dinamika unsur-unsur geosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.

Menganalisis fenomena yang terjadi di lithosfer dan kaitannya dengan kehidupan manusia.

Menganalisis fenomena yang terjadi di pedosfer dan kaitannya dengan kehidupan manusia.

Menganalisis fenomena yang terjadi di atmosfer dan kaitannya dengan kehidupan manusia.

Menganalisis fenomena yang terjadi di hidrosfer dan kaitannya dengan kehidupan manusia.

Mendeskripsikan keanekaragaman flora dan fauna di muka bumi sebagai potensi pendukung kehidupan.

Mendeskripsikan fenomena/permasalahan kependudukan.

4.

Menganalisis sumber daya alam serta kaitannya dengan kehidupan manusia.

Mengidentifikasi sumber daya alam yang berhubungan dengan aspek geografi.

Mendeskripsikan pemanfaatan sumber daya alam untuk mendukung kegiatan ekonomi penduduk.

5.

Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup.

Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup.

Mengkaji lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan.

Mendeskripsikan pelaksanaan pembangunan berkelanjutan.

6.

Menganalisis keterampilan dasar peta/pemetaan dalam memahami fenomena geosfer.

Menerapkan keterampilan dasar pemetaan pada pembuatan peta.

Menganalisis penggunaan peta untuk penentuan lokasi kegiatan ekonomi penduduk.

7.

Menganalisis pemanfaatan citra penginderaan jauh dan SIG sebagai media informasi fenomena geosfer.

Menginterpretasi pemanfaatan Penginderaan Jauh sebagai sumber informasi fenomena geosfer.

Mendeksripsikan Sistem Informasi Geografi sebagai media informasi fenomena geosfer.

8.

Menganalisis wilayah dan pewilayahan di dunia.

Mendeskripsikan pola keruangan dan interaksi desa-desa/desa-kota/kota-kota.

Membedakan pola keruangan dan interaksi desa-desa/ desa-kota/kota-kota.

Menganalisis karakteristik wilayah dan pewilayahan dalam pembangunan.

Mendeskripsikan karakteristik negara berkembang dan negara maju.

KODE ETIK GURU SMA UTAMA WACANA METRO

Hubungan Guru dengan Peserta Didik
1. Guru berperilaku secara profesional dalam melaksanakan tugas didik, mengajar, membimbing,mengarahkan,melatih,menilai,dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran.
2. Guru membimbing peserta didik untuk memahami, menghayati dan mengamalkan hak-hak dan kewajiban sebagai individu, warga sekolah, dan anggota masyarakat
3. Guru mengetahui bahwa setiap peserta didik memiliki karakteristik secara individual dan masing-masingnya berhak atas layanan pembelajaran.
4. Guru menghimpun informasi tentang peserta didik dan menggunakannya untuk kepentingan proses kependidikan.
5. Guru secara perseorangan atau bersama-sama secara terus-menerus berusaha menciptakan, memelihara, dan mengembangkan suasana sekolah yang menyenangkan sebagai lingkungan belajar yang efektif dan efisien bagi peserta didik.
6. Guru menjalin hubungan dengan peserta didik yang dilandasi rasa kasih sayang dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan fisik yang di luar batas kaidah pendidikan.
7. Guru berusaha secara manusiawi untuk mencegah setiap gangguan yang dapat mempengaruhi perkembangan negatif bagi peserta didik.
8. Guru secara langsung mencurahkan usaha-usaha profesionalnya untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan keseluruhan kepribadiannya, termasuk kemampuannya untuk berkarya.
9. Guru menjunjung tinggi harga diri, integritas, dan tidak sekali-kali merendahkan martabat peserta didiknya.
10. Guru bertindak dan memandang semua tindakan peserta didiknya secara adil.
11. Guru berperilaku taat asas kepada hukum dan menjunjung tinggi kebutuhan dan hak-hak peserta didiknya.
12. Guru terpanggil hati nurani dan moralnya untuk secara tekun dan penuh perhatian bagi pertumbuhan dan perkembangan peserta didiknya.
13. Guru membuat usaha-usaha yang rasional untuk melindungi peserta didiknya dari kondisi-kondisi yang menghambat proses belajar, menimbulkan gangguan kesehatan, dan keamanan.
14. Guru tidak boleh membuka rahasia pribadi serta didiknya untuk alasan-alasan yang tidak ada kaitannya dengan kepentingan pendidikan, hukum, kesehatan, dan kemanusiaan.
15. Guru tidak boleh menggunakan hubungan dan tindakan profesionallnya kepada peserta didik dengan cara-cara yang melanggar norma sosial, kebudayaan, moral, dan agama.
16. Guru tidak boleh menggunakan hubungan dan tindakan profesional dengan peserta didiknya untuk memperoleh keuntungan-keuntungan pribadi.

Hubungan Guru dengan Orangtua/wali Siswa
1. Guru berusaha membina hubungan kerjasama yang efektif dan efisien dengan Orangtua/Wali siswa dalam melaksannakan proses pedidikan.
2. Guru mrmberikan informasi kepada Orangtua/wali secara jujur dan objektif mengenai perkembangan peserta didik.
3. Guru merahasiakan informasi setiap peserta didik kepada orang lain yang bukan orangtua/walinya.
4. Guru memotivasi orangtua/wali siswa untuk beradaptasi dan berpatisipasi dalam memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan.
5. Guru berkomunikasi secara baik dengan orangtua/wali siswa mengenai kondisi dan kemajuan peserta didik dan proses kependidikan pada umumnya.
6. Guru menjunjunng tinggi hak orangtua/wali siswa untuk berkonsultasin dengannya berkaitan dengan kesejahteraan kemajuan, dan cita-cita anak atau anak-anak akan pendidikan.
7. Guru tidak boleh melakukan hubungan dan tindakan profesional dengan orangtua/wali siswa untuk memperoleh keuntungna-keuntungan pribadi.

Hubungan Guru dengan Masyarakat
1. Guru menjalin komunikasi dan kerjasama yang harmonis, efektif dan efisien dengan masyarakat untuk memajukan dan mengembangkan pendidikan.
2. Guru mengakomodasikan aspirasi masyarakat dalam mengembnagkan dan meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran.
3. Guru peka terhadap perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat
4. Guru berkerjasama secara arif dengan masyarakat untuk meningkatkan prestise dan martabat profesinya.
5. Guru melakukan semua usaha untuk secara bersama-sama dengan masyarakat berperan aktif dalam pendidikan dan meningkatkan kesejahteraan peserta didiknya
6. Guru memberikan pandangan profesional, menjunjung tinggi nilai-nilai agama, hukum, moral, dan kemanusiaan dalam berhubungan dengan masyarakat.
7. Guru tidak boleh membocorkan rahasia sejawat dan peserta didiknya kepada masyarakat.
8. Guru tidak boleh menampilkan diri secara ekslusif dalam kehidupam masyarakat.

Hubungan Guru dengan seklolah
1. Guru memelihara dan eningkatkan kinerja, prestasi, dan reputasi sekolah.
2. Guru memotivasi diri dan rekan sejawat secara aktif dan kreatif dalam melaksanakan proses pendidikan.
3. Guru menciptakan melaksanakan proses yang kondusif.
4. Guru menciptakan suasana kekeluargaan di dalam dan luar sekolah.
5. Guru menghormati rekan sejawat.
6. Guru saling membimbing antarsesama rekan sejawat
7. Guru menjunung tinggi martabat profesionalisme dan hubungan kesejawatan dengan standar dan kearifan profesional.
8. Guru dengan berbagai cara harus membantu rekan-rekan juniornya untuk tumbuh secara profsional dan memilih jenis pelatihan yang relevan dengan tuntutan profesionalitasnya.
9. Guru menerima otoritas kolega seniornya untuk mengekspresikan pendapat-pendapat profesionalberkaitan dengan tugas-tugas pendidikan dan pembelajaran
10. Guru membasiskan diri pada nilai-nilai agama, moral, dan kemanusiaan dalam setiap tindakan profesional dengan sejawat.
11. Guru memliki beban moral untuk bersama-sama dengan sejawat meningkatkan keefektifan pribadi sebagai guru dalam menjalankan tugas-tugas profesional pendidikan dan pembelajaran.
12. Guru mengoreksi tindakan-tindakan sejawat yang menyimpang dari kaidah-kaidah agama, moral, kemanusiaan, dan martabat profesionalnya.
13. Guru tidak boleh mengeluarkan pernyataan-pernyaan keliru berkaitan dengan kualifikasi dan kompetensi sejawat atau calon sejawat.
14. Guru tidak boleh melakukan tindakan dan mengeluarkan pendapat yang akan merendahkan martabat pribadi dan profesional sejawatnya
15. Guru tidak boleh mengoreksi tindakan-tindakan profesional sejawatnya atas dasar pendapat siswa atau masyarakat yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarnya.
16. Guru tidak boleh membuka rahasia pribadi sejawat kecuali untuk pertimbangan-pertimbangan yang dapat dilegalkan secara hukum.
17. Guru tidak boleh menciptakan kondisi atau bertindak yang langsung atau tidak langsung akan memunculkan konflik dengan sejawat.

Hubungan Guru dengan Profesi
1. Guru menjunjung tinggi jabatan guru sebagai sebuah profesi
2. Guru berusaha mengembangkan dan memajukan disiplin ilmu pendidikan dan bidang studi yang diajarkan
3. Guru terus menerus meningkatkan kompetensinya
4. Guru menjunjung tinggi tindakan dan pertimbangan pribadi dalam menjalankan tugas-tugas profesionalnya dan bertanggungjawab atas konsekuensiinya.
5. Guru menerima tugas-tugas sebagai suatu bentuk tanggungjawab, inisiatif individual, dan integritas dalam tindkan-tindakan profesional lainnya.
6. Guru tidak boleh melakukan tindakan dan mengeluarkan pendapat yang akan merendahkan martabat profesionalnya.
7. Guru tidak boleh menerima janji, pemberian dan pujian yang dapat mempengaruhi keputusan atau tindakan-tindakan proesionalnya
8. Guru tidak boleh mengeluarkan pendapat dengan maksud menghindari tugas-tugas dan tanggungjawab yang muncul akibat kebijakan baru di bidang pendidikan dan pembelajaran.

Hubungan guru dengan Organisasi Profesinya
1. Guru menjadi anggota aorganisasi profesi guru dan berperan serta secara aktif dalam melaksanakan program-program organisasi bagi kepentingan kependidikan.
2. Guru memantapkan dan memajukan organisasi profesi guru yang memberikan manfaat bagi kepentingan kependidikan
3. Guru aktif mengembangkan organisasi profesi guru agar menjadi pusat informasi dan komunikasi pendidikan untuk kepentingan guru dan masyarakat.
4. Guru menjunjung tinggi tindakan dan pertimbangan pribadi dalam menjalankan tugas-tugas organisasi profesi dan bertanggungjawab atas konsekuensinya.
5. Guru menerima tugas-tugas organisasi profesi sebagai suatu bentuk tanggungjawab, inisiatif individual, dan integritas dalam tindakan-tindakan profesional lainnya.
6. Guru tidak boleh melakukan tindakan dan mengeluarkan pendapat yang dapat merendahkan martabat dan eksistensis organisasi profesinya.
7. Guru tidak boleh mengeluarkan pendapat dan bersaksi palsu untuk memperoleh keuntungan pribadi dari organisasi profesinya.
8. Guru tidak boleh menyatakan keluar dari keanggotaan sebagai organisasi profesi tanpa alasan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Hubungan Guru dengan Pemerintah
1. Guru memiliki komitmen kuat untuk melaksanakan program pembangunan bidang pendidikan sebagaimana ditetapkan dalam UUD 1945, UU Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Tentang Guru dan Dosen, dan ketentuan Perundang-Undang lainnya.
2. Guru membantu Program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan berbudaya.
3. Guru berusaha menciptakan, memeliharadan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan pancasila dan UUD1945.
4. Guru tidak boleh menghindari kewajiban yang dibebankan oleh pemerintah atau satuan pendidikan untuk kemajuan pendidikan dan pembelajaran.
5. Guru tidak boleh melakukan tindakan pribadi atau kedinasan yang berakibat pada kerugian negara.

Laman

  • 10 Karakter Sifat Baik
Tema PT Keren Sekali. Diberdayakan oleh Blogger.